Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 10, No 1 (2022)

Efektivitas Penggunaan Aplikasi EduMu pada Pembelajaran Fisika Tehadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

Rahmawati Rahmawati (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Kurnia Kurnia (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Khaeruddin Khaeruddin (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi EduMu pada pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan jumlah 13 orang yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel secara sampling Jenuh. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EduMu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi motivasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif pada data motivasi dan respon siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi  belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebesar 92,5 dengan kategori sangat tinggi sebesar 85%. Sedangkan respon peserta didik terkait penggunaan aplikasi EduMu memiliki persentase tertinggi pada respon Sangat Setuju (40%). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edumu efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar Fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...