Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 10, No 1 (2022)

Penerapan Simulasi Virtual Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Suhu dan Kalor di Masa Pandemi Covid-19

I Putu Yogi Setia Permana (Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Malang, Jalan Semarang 5, Malang 65145, Indonesia)
Endang Purwaningsih (Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan simulasi virtual di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi dan tes hasil belajar. Angket motivasi yang digunakan berupa angket tertutup. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 orang yang merupakan siswa kelas X TPL 1 SMK di Kabupaten Pasuruan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah cara pengambilan sampel dengan acak sederhana melalui undian. Data kuantitatif diperoleh melalui pretest dant posttest yang meliputi tes hasil belajar. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui lembar angket motivasi belajar siswa. Data di uji dengan analisis N-gain, uji uormalitas, dan uji t berpasangan (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis N-gain tes hasil belajar menunjukkan rata-rata tes hasil belajar sebelsar 0,59 (kategori sedang). Hasil uji t berpasangan tes hasil belajar motivasi belajar mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) yang sama yaitu 0,00 kurang dari 0.05, menunjukkan perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil uji ini hasil belajar dan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan simulasi virtual fisika menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan simulasi virtual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan dimasa pandemic covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...