JURNAL VARIASI
Vol.2 No.7 Juni 2011

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 26 Peusangan Kabupaten Bireuen dengan Pendekatan Kontekstual Pada Konsep Gaya

Taufiq, Muhammad ( Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2013

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran yang dilaksanakan terpusat pada guru. Demikian pula halnya di SD Negeri 26 Peusangan, dalam mengajar IPA guru masih menggunakan pendekatan konvensional. Untuk itulah diperkenalkan suatu pembelajaran yang berbasis terpusat pada siswa yaitu dengan pendekatan kontekstual. Dari tiga siklus yang dilakukan mendapatkan hasil sebagai berikut: 1)  dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa,  2) dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkat-kan  aktivitas belajar siswa, dan 3) dengan pendekatan kontekstual  mendapat respon yang positif dari siswa. Kata Kunci:  Pendekatan kontekstual, hasil belajar

Copyrights © 2011