Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2022): Juni

Hubungan Pengelompokan Level Literasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Beleka Tahun Ajaran 2021/2022

Leni Oktaviani (Universitas Mataram)
Siti Rohana Hariana Intiana (Universitas Mataram)
Heri Setiawan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Menghadapi era ke-21, siswa diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan dan menerapkan berbagai strategi penalaran dasar dan imajinatif saat membaca, mengarang, dan menangani masalah. Pengetahuan dapat diperoleh melalui berbagai kegiatan, salah satunya dengan membaca. Oleh karena itu, kemampuan membaca siswa harus dikembangkan. Salah satu pendekatan  yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran literasi (membaca) di sekolah adalah pendekatan “Semua Anak Cerdas” (SAC). Dalam pendekatan SAC siswa-siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat atau level  kemampuannya dengan tidak memperhatikan berapa usia siswa tersebut, dan dalam hal ini model pembelajaran semacam ini telah terbukti berhasil dalam mengurangi anak-anak buta huruf di berbagai negara. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengelompokkan level literasi, mengidentifikasi kemampuan membaca siswa dan mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan pengelompokkan level literasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 1 Beleka tahun ajaran 2021/2022 serta bagaimana tingkat dari hubungan tersebut. Jenis penelitian ini adalah korelasional serta populasi dalam penelitian ini ialah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji analisis deskripstif, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis sedangkan untuk teknik penyajian data dalam bentuk histogram. Hasil identifikasi pengelompokkan level literasi dan hasil kemampuan membaca siswa menunjukkan dalam kategori cukup dan baik serta uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan N=52 pada signifikansi 5%, diperoleh hasil 0.869 (rhitung) > 0.195 (rtabel), maka hipotesis (Ha) yang diajukan diterima. Maka, dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara pengelompokkan level literasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 1 Beleka tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...