Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Efektivitas Model Hybrid Learning dan Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Imroatus Sulthoniyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Vina Nur Afianah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Kiki Rizkiatul Afifah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Siti Lailiyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas model hybrid lerning dan blended learning terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Al-Karim Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model hybrid learning dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model blended learning. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Al-Karim Surabaya. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui penyebaran angket lewat google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model hybrid learning dan blended learning terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Karim Surabaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model hybrid learning dan blended learning efektif memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...