Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan
Vol 10 No 2 (2022)

Menciptakan Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan e-Commerce Shopee

Dwi Bhakti Iriantini (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dengan subjek penelitian pada e-commerce shopee, dimana kode-kodenya adalah: brand awareness (X1), brand image (X2), customer loyalitas (Y), dan kepuasan pelanggan (Z). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana peneliti memilih sampel dengan pertimbangan tertentu dengan karakteristik yang telah ditentukan berdasarkan tujuan penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesadaran merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan bukan merupakan variabel mediasi antara kesadaran merek dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PKWU

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Journal of Education and Entrepreneurship is a place for scientific publications that publishes research articles from a variety of research methods both quantitative, qualitative, development and mix methods related to the study of economics, entrepreneurship, and ...