Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 9, No 1 (2022)

Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang

Hena Safira Endah Kumala (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Neila Ulfa Rahmania (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Sigit Purnama (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kecerdasan kinestetik anak usia dini bisa distimulasi menggunakan aktivitas sederhana dan diminati anak. Senam irama ialah aktivitas yang tepat untuk memberi stimulasi pada anak, karena anak menyukai gerak, apalagi jika diiringi musik dan lagu ceria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang. Peneliti menerapkan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana datanya diperoleh dari pengamatan, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Senam irama di TK Islam Al Madina dilaksanakan setiap hari sabtu, sebelum kegiatan dimulai anak berbaris, lalu melafalkan ikrar pagi dan asmaul husna, setelah itu anak merentangkan kedua tangannya dan melaksanakan pemanasan bersama. Sarana prasarana yang disiapkan berupa peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya aktivitas senam irama. Pengembangan kecerdasan kinestetik pada kelompok B melalui kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina terlaksana dengan baik, ditunjukkan melalui rencana, pelaksanaan, dan evaluasi oleh guru pada kegiatan pembelajatan senam irama.

Copyrights © 2022