Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 12, No 1 (2022): April

Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMKN 1 Rengasdengklok

Nia Sagita (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Attin Warmi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMKN 1 Rengasdengklok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Rengasdengklok Tahun Ajaran 2020/2021 dan sampel nya adalah siswa kelas X TEI 1 sesi 1. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasional, pengujian persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Instrumen yang digunakan untuk kemandirian belajar adalah angket sedangkan untuk hasil belajar adalah tes tertulis atau PTS (Penilaian Tengah Semester). Hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dan juga siswa sudah mampu belajar mandiri tanpa adanya dorongan atau bantuan dari orang lain, namun masih banyak siswa yang belajar mandiri jika adanya dorongan atau bantuan dari orang lain sehingga kemandirian belajar memperoleh kategori sedang. Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 22.7% dan sisanya sebesar 77.3% disumbang oleh variabel-variabel lain.Abstract. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of student learning independence on the mathematics learning outcomes of students at SMKN 1 Rengasdengklok. The population in this study were students of SMKN 1 Rengasdengklok for the academic year 2020/2021 and the sample was class X TEI 1 session 1. The method used was quantitative with correlational analysis, testing data analysis requirements, and testing hypotheses. The instrument used for independent learning is a questionnaire while for learning outcomes is a written test or PTS (Middle Semester Assessment). The results of the research are that there is an influence of student learning independence on students' mathematics learning outcomes and also students are able to learn independently without any encouragement or assistance from others, but there are still many students who study independently if there is encouragement or assistance from others so that learning independence gets a moderate category. . The contribution of independent learning to mathematics learning outcomes is 22.7% and the remaining 77.3% is contributed by other variables.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...