JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Kurikulum Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Sunda

Faturohman, Ofa (Unknown)
Sudrajat, Adjat (Unknown)
Ghoer, Hilman Farouq (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang Manajemen kurikukum pembelajaran muatan lokal Bahasa daerah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa daerah, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan motede deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum pelajaran mulok bahasa daerah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Sunda disusun oleh guru sesuai pedoman pelaksanaan berupa silabus, RPP berikut sarana media pembelajarannya, dengan durasi waktu 2 jam pelajaran per minggunya. 2). Pelaksanaan kurikulum pembelajaran muatan lokal bahasa daerah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sunda, guru telah berupaya menerapkan RPP dengan dukungan media dan sarana pembelajaran yang memadai hanya saja belum dapat berjalan secara efektif, 3). Evaluasi kurikulum pembelajaran mulok bahasa daerah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Sunda telah berpedoman pada penilaian otentik sebagaimana standar penilaian pembelajaran DIKBUD R.I. Namun dalam implementasinya masih ada guru yang belum menguasai dengan baik penyusunan instrumen test dalam memilih dan menetapkan butir butir soal tes pengetahuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...