Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol 12 No 1 (2022): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Eggie Nugraha (Unknown)
Syihabuddin Syihabuddin (Unknown)
Vismaia S. Damaianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran berbasis penyelidikan yang berpusat pada peserta didik, di mana mereka terlibat dengan masalah yang otentik dan tidak terstruktur yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Model pembelajaran berbasis masalah juga merupakan salah satu model yang mendukung pembelajaran pada abad 21, dimana pembelajaran abad ke 21 memerlukan penerapan instruksi yang memungkinkan peserta didik untuk mengaplikasikan materi pelajaran, mengambil kepemilikan pembelajaran mereka, menggunakan teknologi secara berarti, dan berkolaborasi. Berpikir kreatif merupakan kemampuan dasar dari kecerdasan manusia, yaitu kemampuan dan pengalaman individu dalam berpikir, berkomunikasi dan melihat dirinya sendiri secara alami melalui kata-kata, visual, dan audio. Kemampuan dan pengalaman tersebut diperoleh dari interaksi sosial dan refleksi pribadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...