MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 PORTIBI

Delvia Oktari Harahap (Unknown)
Cut Latifah Zahari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linear tiga variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 3 siswa dari 33 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Portibi. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendiskripsikan factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita system persamaan linier tiga variabel adalah 1) kesalahan membaca soal, meliputi tidak menggerti kata kunci dari soal. 2) kesalahan memahami soal, meliputi tidak menuliskan hal apa yang diketahui dan hal apa yang ditanya dalam soal, tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal. 3) kesalahan keterampilan proses, meliputi tidak menyelesikan metode penelitian, tidak menuliskan cara perhitungan yang benar. 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, meliputi tidak menuliskan jawaban akhir yang diminta dalam soal. Factor-fsktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan dan tidak paham dengan metode perhitungan yang digunakan. Dari ke-33 siswa terdapat 33,33% atau 11 siswa berada di kriteria sangat berminat dan 41,84% atau 22 siswa berada di kriteria berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar sudah cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi.Kata Kunci: analsis kesalahan prosedur Newman, soal cerita, minat belajar 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...