EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
Vol 3 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENIGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SDN DI KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR TAHUN 20219

Jasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

PTS ini membahas supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Kampar Kiri Kajiannya dilatarbelakangi dengan adanya jumlah semua guru sekolah dasar yang mengajar pada kecamatan Kampar Kiri yaitu 123 orang, dan jumlah guru PAI saat ini adalah 52 guru yang meliputi guru mata pelajaran fiqih, akidah ahlak, sejarah kebudayaan Islam (SKI), dan Al-Qur‟an hadits, sedangkan jumlah pengawas yang ada di Kecamatan Kampar Kiri saat ini adalah 1 pengawas. Jumlah madrasah ibtidaiyah baik negeri maupun swasta ada 13 sekolah. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik pengawas dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru?, (2). Bagaimana faktor-faktor penghambat pengawas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru?, (3) Bagaimana Supervisi Akademik Pengawas?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kampar Kiri Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik; a) Perencanaaan supervisi akademik Pengawas sekolah dari aspek perencanaan program tahunan yang disusun oleh Pokjawas di Kabupaten/Kota melalui diskusi terprogram; program semester, yang dilakukan oleh setiap pengawas sekolah dimasing-masing sekolah binaan; rencana kepengawasan akademik yang dilakukan oleh pengawas sekolah. Namun masih terdapat beberapa hal yang belum tercapai diantaranya: jadwal pelaksanaan supervisi akademik bersifat kondisional dan terkadang juga bersifat mendadak yaitu menyesuaikan kegiatan Pengawas sekolah dan pihak sekolah binaan, sehingga persiapan GPAI kurang maksimal; b) Pelaksanaan supervisi akademik Pengawas sekolah dilaksanakan 3 kali kunjungan pada sekolah binaan. Supervisi akademik dari pengawas dilaksanakan dengan instrumen supervisi kelas yang dilakukan dengan observasi secara langsung di kelas. Hampir secara keseluruhan program di RKA sudah terealisasi semua di lapangan. Namun dalam melaksanakan pembinaan kompetensi pedagogik, ada beberapa indikator yang belum terealisasikan, dikarenakan menurut pengawas sekolah GPAI dirasa sudah menguasai; c) Evaluasi dan tindak lanjut program supervisi akademik dilaksanakan setelah observasi proses pembelajaran di kelas ataupun melalui kegiatan KKG PAI. Dari sini sudah teridentifikasi permasalahan yang dihadapi guru rumpun mapel PAI, dan juga dengan mengadakan workshop, pelatihan ataupun diklat bekerjasama dengan Kementerian Agama Kab. Kampar . 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam supervisi akademik adalah kurangnya tenaga pengawas PAI, banyaknya guru yang harus dibina dan kurangnya intensitas supervisi akademik terhadap guru. Sedangkan solusi dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervisi kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan supervisi pengawas secara berkala dan berkesinambungan. Saran dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervisi kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan supervisi pengawas secara berkala dan berkesinambungan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi, masukan bagi pengawas, kepala sekolah dan guru rumpun mapel PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik agar mutu pendidikan semakin meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduteach

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (EDUTEACH) adalah sebuah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Pelaksana Praktik Kependidikan Terpadu (UP2KT) FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Eduteach terdaftar pada PDII LIPI dengan Nomor ISSN 2715-9779 (Online) dan 2715-9760 ...