Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 14 No 2 (2021): Juli-Desember

Pembelajaran Daring pada Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lebak

Khaeroni Khaeroni (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Siti Saniah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Abstract: Pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring dari rumah sebagai salah satu upaya memutuskan penyebaran Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring mengakibatkan beberapa masalah, antara lain kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik serta ketidaksiapan orang tua dalam membimbing anaknya belajar di rumah. Akibatnya, peserta didik tidak mendapatkan pendampingan belajar secara maksimal sehingga berpengaruh kepada tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pendampingan belajar di Desa Maja Baru Kecamatan Maja untuk membantu anak-anak dan orang tua yang mengalami kesulitan selama melaksanakan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research. Bentuk pendampingan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran luring di salah satu rumah masyarakat secara bergiliran (shift) yang terdiri atas dua sesi, yaitu sesi pagi dan sore. Hasil pendampingan belajar memberikan pengaruh positif terhadap anak-anak dan orang tua. Covid-19, Pendampingan Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Dedikasi is a journal published by the LP2M of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Indonesia. This journal focuses on studies in the empowerment of Indonesian society, with special reference to culture, politics, society, economics, history, and humanities. It cordially invites contributions from ...