Abstract: Pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring dari rumah sebagai salah satu upaya memutuskan penyebaran Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring mengakibatkan beberapa masalah, antara lain kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik serta ketidaksiapan orang tua dalam membimbing anaknya belajar di rumah. Akibatnya, peserta didik tidak mendapatkan pendampingan belajar secara maksimal sehingga berpengaruh kepada tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pendampingan belajar di Desa Maja Baru Kecamatan Maja untuk membantu anak-anak dan orang tua yang mengalami kesulitan selama melaksanakan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research. Bentuk pendampingan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran luring di salah satu rumah masyarakat secara bergiliran (shift) yang terdiri atas dua sesi, yaitu sesi pagi dan sore. Hasil pendampingan belajar memberikan pengaruh positif terhadap anak-anak dan orang tua. Covid-19, Pendampingan Belajar
Copyrights © 2021