Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Impresi Indonesia

Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Keteladanan

Afriani Salman (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Simeulue Aceh, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Pendahuluan: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan program pemerintah dalam dekade terakhir ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan moralitas anak bangsa. Pendidikan Penguatan Karakter berbasis budaya sekolah sebagai sebuah pendekatan yang diyakini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguatan karakter siswa, dengan mengupayakan kebiasaaan-kebiasaan di sekolah yang dapat mendukung penguatan karakter siswa. Kajian ini mendeskripsikan tentang peran penting guru sebagai pendidik dalam penanaman nilai karakter terhadap anak didik berbasis budaya sekolah melalui keteladan. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mewujudkan anak bangsa yang berkarakter dan bermoralitas tinggi dibutuhkan strategi yang tepat dan matang sehingga tujuan dari pendidikan karakter itu dapat terwujud. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode dekriptif-kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil: Berdasarkan analisis data dari buku dan artikel ilmiah serta dokumen lainnya yang relevan, maka ditemukan hasil analisis bahwa Pembentukan karakter diawali dari melihat, mengamati, kemudian meniru dan membentuk menjadi karakter, hal ini mengindikasikan bahwa penguatan pendidikan karakter membutuhkan sosok keteladanan dari seorang guru sebagai role model. Kesimpulan: Strategi yang tepat yang dapat guru lakukan yaitu menciptakan budaya sekolah melalui keteladanan guru yang terintergrasi ke dalam 5 nilai karakter sebagai berikut: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong-royong, Integritas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...