Pendahuluan: Dengan adanya kemajuan teknologi, maka manusia yang hidup diera modern harus mampu untuk memanfaatkan teknologi secara baik dan benar. Sistem e-learning yang banyak digunakan didalam dunia pendidikan terdapat bermacam-macam, salah satu yang paling banyak digunakan disekolah-sekolah pada saat ini adalah google classroom. “Google Classroom adalah layanan berbasis internet yang disediakan oleh Google sebagai sebuah sistem e-learning. Aplikasi ini didesain untuk membantu guru membuat dan membagikan tugas kepada siswa secara paperless, karena dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan dapat memudahkan siswa dan guru untuk saling terhubung didalam dan diluar sekolah. Tujuan: dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi google classroom terhadap peningkatan hasil pembelajaran disekolah yang diteliti kemudian mengelola, menganalisis, menginterprestasikannya. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode data primer yang menggunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah populasi 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji T dan uji F. Hasil: Dari perhitungan yang dilakukan secara signifikan 5% menggunakan program SPSS for window versi 26 diketahui nilai Sig 1, untuk pengaruh kemudahan terhadap penggunaan Google Classroom sebesar 0.32 > 0.05 dan T hitung 1.002 < T tabel 1.996, nilai Sig 2. untuk pengaruh kemanfaatan (Perceived Ease Of Use) terhadap penggunaan Google Classroom sebesar 0.03 < 0.05 dan T hitung 2.108 > T tabel 1.996, dan untuk nilai Sig 3, untuk pengaruh niat perilaku pengguna (Behavioral Intention) terhadap penggunaan Google Classroom sebesar 0.53 > 0.05 dan T hitung 0.629 < T tabel 1.996. Kesimpulan: Diiketahui nilai Sig, untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0.001 < 0.05 dan F hitung 6.154 > F tabel 3.12 sehingga dapat disimpulkan bahwa H4 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1, X2 dan X3 secara simultan terhadap Y.
Copyrights © 2022