Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengawasan madrasah agar dapat meningkatkan profesionalitas guru di madrasah. Pendekatan atau metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data primer yaitu jenis-jenis pustaka seperti buku, artikel jurnal dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguraian kinerja pengawas perlu dilakukan sebagai tolak ukur terkait upaya peningkatan profesionalisme guru pada madrasah, bahkan terhadap banyak komponen yang ada dalam pendidikan. Diantara penguraian tugas pengawas, yakni: (a) konseling Bagi guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di wilayah sasaran, (b) Mengevaluasi kinerja guru, kinerja kepala sekolah agama dan kinerja seluruh staf sekolah, (c) Mengevaluasi dan memantau pelaksanaan dan pengembangan kurikulum sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengawasan madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru. Berdasarkan hal tersebut juga menjadi barometer bahwa perlu upaya optimal dalam pelaksanaan atau pengimplementasian pengawasan oleh pengawas madrasah agar tujuan awal untuk meningkatkan profesionalisme guru dapat tercapai.
Copyrights © 2022