JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 2: Oktober 2021

Model Pembelajaran dan Aplikasi : Meninjau Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle 2014-2021- Tinjauan Sistematis dan Analisis Bibliometrik

Lukman Lukman (FKIP, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Selama masa pandemi covid-19, semua sektor terkena dampak tak terkecuali juga di bidang pendidikan dan pembelajaran. Telah banyak artikel yang membahas mengenai berbagai inovasi yang telah diterapkan di berbagai negaraselama masa pandemi demi tetap menjaga semangat belajar peserta didik di berbagai tingkatan. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan peta penelitian sebelumnya melalui jurnal-jurnal yang terindeks scopus mengenai pembelajaran e-learning berbasis aplikasi moodle dari tahun 2014-2021. Penelitian ini menggunakan analisis afiliasi VOSviewer untuk memvisualisasikan dan menganalisis tren artikel dalam bentuk peta bibliometrik yang diambil dari database Scopus.Melalui VOSviewer juga dapat membuat peta publikasi, peta negara, atau peta jurnal berdasarkan jaringan kutipan bersama atau membuat peta kata kunci berdasarkan jaringan mereka. Hasilnya adalah artikel yang membahas penggunaan aplikasi pembelajaran e-learning berbasis moodle dari tahun 2019-2021 berjumlah 482, ada peningkatan secara signifikan dari tahun 2020, hal ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang tengah melanda membuat para peneliti banyak yang menulis mengenai pembelajaran e-learning berbasis aplikasi moodle diberbagai negara sebagai bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi dimasa pandemi yang mengalami perubahan model pembelajaran. Tentunya hal ini menjadi menarik untuk menjadi penelitian lanjutan dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran e-learning yang digunakan di negara Indonesiasaat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...