Hospital Nacional Guido Valadares (HNGV) merupakan rumah sakit milik pemerintah Timor Leste yang hingga kini masih melayani pasien dengan optimal. Dengan bantuan dari beberapa negara seperti Australia dan Portugis, rumah sakit ini semestinya menjadi rumah sakit yang terbaik di Timor Leste. Namun keterbatasan sumber daya manusia menjadi penghalang. Masih tingginya benteng diri menerima masukan dan pelaksanaan SOP yang tidak maksimal, menyebabkan timbulnya banyak keluhan dari pasien rumah sakit.Dengan adanya permasalahan yang timbul tersebut, maka pengabdi mengambil inisiatif untuk melakukan pendampingan bagi pegawai-pegawai rumah sakit dari masing-masing bagian yang nantinya penerapan yang telah diberikan dapat disebarluaskan kepada pegawai yang lain sehingga tercipta iklim kerja baru supaya dapat meminimalisir adanya keluhan pasien dan meningkatkan citra rumah sakit dalam segi pelayanan bagi masyarakat. Beberapa metode pelatihan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah menggunakan Off the Job training yaitu pelatihan yang dilaksanakan ditempat kerja terpisah/ diluar tempat kerja, dan diluar waktu kerja reguler. Berdasarkan hasil review yang didapat dari pihak pejabat setempat, para peserta yang turut melaksanakan kegiatan menunjukkan peningkatan kinerja dan juga lebih open-minded dan memiliki keinginan untuk memperbaiki sistem. Hal ini merupakan implikasi yang positif bagi manajemen, karena mereka membawa perubahan yang baik bagi instansi sehingga kedepannya membawa imbas yang baik bagi pelayanan pasien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022