Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 2 (2022): April, Pages 228 - 354

In House Training Penyusunan Perangkat dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT

Hadi Santoso (Sistem Informasi, Fakultas Teknik Informatika, Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur)
Hilyah Magdalena (Sistem Informasi, Fakultas Teknik Informatika, Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Salah satu perubahan yang disebabkan pandemi Covid-19 selama dua tahun ini adalah perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi daring selama masa pandemi, menimbulkan beberapa perubahan cara belajar dan materi ajar. Perubahan ini juga dialami oleh guru-guru di SMKN 1 Pangkalan Baru. Bagi guru, perubahan ini juga berarti perubahan cara mempersiapkan materi ajar dan cara menyampaikan materi. Pembelajaran daring membuat materi ajar harus dapat ditampilkan secara online di internet. Kondisi ini membutuhkan peningkatan kemampuan guru untuk bisa membuat materi ajar yang tetap mengacu kurikulum, menarik, interaktif, dan disajikan online. Untuk mencapai hal tersebut, maka SMKN 1 Pangkalan Baru mengadakan kegiatan In House Training Penyusunan Perangkat dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dengan fokus pada pelatihan pemanfaatan beberapa perangkat lunak untuk edit video, men-capture video, dan aplikasi animasi lainnya yang kesemuanya itu dapat digunakan terpisah maupun berkaitan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang berlangsung selama 34 jam pertemuan. Dengan bertambahkan pengetahuan dan wawasan guru-guru SMKN 1 Pangkalan Baru dalam mempersiapkan materi pembelajaran, diharapkan kegiatan pembelajaran daring dapat berlangsung optimal baik dari sisi guru maupun dari sisi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...