Journal of Environment and Management
Vol. 2 No. 3 (2021): Journal of Environment and Management

Pengaruh profesionalisme kerja dan kinerja pegawai melalui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan Unit Layanan Terpadu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah

Rangguni Cemerlaning Tias (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah)
Meitiana Meitiana (Universitas Palangka Raya)
Tresia Kristiani (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh langsung profesionalisme, kinerja pegawai, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada unit pelayanan terpadu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah (ULT LPMP Kalimantan Tengah). Alat analisis cerdas PLS digunakan untuk menilai persepsi 87 responden dari data pengunjung LPMP ULT tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, profesionalisme kerja, kinerja karyawan, dan kualitas layanan berpengaruh positif langsung terhadap kepuasan pengguna layanan. Kedua, profesionalisme kerja dan kinerja pegawai berpengaruh positif langsung terhadap kualitas pelayanan, namun profesionalisme kerja tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna jasa melalui kualitas pelayanan. Terakhir, kinerja karyawan berpengaruh positif langsung terhadap kepuasan pengguna jasa melalui kualitas layanan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Environment and Management (JEM) is a peer reviewed, online and open access journal for the publication of original research, reviews or short communication related to managing environmental systems and improving environmental quality. Specific area of interest for the journal include: ...