BiosciED: Journal of Biological Science and Education
Vol. 2 No. 2 (2021): BiosciED December 2021

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut: Development of eLEMA-Based Digital Teaching Materials on the Interaction of Living Things with Peatland Ecosystem Environment

Elga Araina (Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya)
Shanty Savitri (Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya)
Sugeng Mashabhi (Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya)
Fernando Prestasio Pratama (Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Pandemi wabah Covid- 19 ( Corona virus diseases 2019 ) di seluruh dunia, membuat proses belajar mengajar dari semua tingkat pendidikan mengalami kendala dalam kualitas pembelajaran. Pengembangan bahan ajar elektronik sangat perlu dilakukan di tengah pandemi yang mengharuskan perkuliahan dilakukan secara daring. Pembelajaran Sistem daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh melalui online jaringan internet, menjadi solusi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona kepada peserta didik. Salah satu media bahan ajar sistem daring yang dapat digunakan yaitu media digital yang merupakan media interaktif berbasis android dengan aplikasi eLEMA (Electronic Learning Material). Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Digital berbasis eLEMA pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan Ekosistem Gambut” Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital dengan aplikasi eLEMA untuk memudahkan mahasiswa dapat mengakses materi secara online maupun offline. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) penelitian pengembangan model Hannafin and Peck terdiri dari 3 phase Analysis, Design, Develop/Implementation. Harapan peneliti dapat mengangkat realitas lokal dalam pembelajaran, sehingga informasi dan pendidikan lingkungan mengenai ekosistem gambut dapat disampaikan kepada masyarakat pada umumnya dan bagi peserta didik pada khususnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

BioscieED is a Peer-Reviewed journal that is published 2 (two) times a year in June and December. BiosciED is an acronym for Biological Science and Education which represents the focus and scope of the Biology Education journal. The focus and scope of the journal include research related to the ...