Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha (JIAPAB)
Vol. 4 No. 1 (2022): JIAPAB Vol. 4 No. 1 Maret 2022

Haruskah Kita Merubah Metode Perkuliahan Kita? Sebuah Studi Penting dalam Pendidikan Tinggi Buddhis di Indonesia

Karniawan, Arya Whisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Pendidikan Buddhis Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan.Namun hingga saatini masih banyak warga negara Indonesia yang beragama Buddha di wilayah terpencil tidakmendapatkan pendidikan agama Buddha sama sekali. Hal ini karena tidak meratanyapenyebaran guru agama Buddha di Indonesia. Permasalahan pemerataan tenaga pengajaragama Buddha memang suatu permasalahan yang cukup sulit untuk diatasi. Hal ini disebabkanPerguruan Tinggi Keagamaan Buddha/ PTAB yang ada hanya terdapat di wilayah tertentu diPulau Jawa dan Sumatera. Selain itu metode perkuliahan yang digunakan hanya perkuliahansecara tatap muka saja sehingga menyulitkan calon-calon mahasiswa yang berada di daerahterpencil ataupun beda pulau. Metode perkuliahan secara Pendidikan Jarak Jauh/ PJJ diyakinidapat menjadi solusi atas masalah pemerataan tenaga pengajar agama Buddha di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam meningkatkan jumlah pengajar agamaBuddha di Indonesia secara efisien beserta mencari solusi implementasi agar dapat diterapkanoleh PTAB yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis datamenggunakan metode heuristika. Hasil penelitian ini mengemukakan metode perkuliahan diPTAB Indonesia, mengkaji kelemahan metode perkuliahan tatap muka, mengemukakanmetode perkuliahan secara PJJ dan mengkaji penerapan PJJ pada PTAB.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha (JIAPAB) merupakan jurnal yang memuat kajian ilmiah agama Buddha dan Pendidikan ...