Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai literasi digital pada apalikasi Instagram yang berfungsi sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil pengisian kuisioner yang disebarkan melalui google formulir. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner melalui media google formulir kepada responden. Dari hasil data tersebut, dilakukan analisis kepada setiap jawaban yang merepresentasikan perspektif mahasiswa terhadap literasi digital sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada aplikasi Instagram. Hasil dari peneletian menunjukkan bahwa perspektif mahasiswa menunjukkan hasil yang positif terhadap literasi digital di aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,5% responden merasa aplikasi Instagram efektif hingga sangat efektif sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa juga sudah mampu membedakan berbagai macam fitur di aplikasi Instagram yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan penelitian ini, diharapkan mahasiswa bisa menjadi lebih literat dalam penggunaan media digital sebagai media pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia.
Copyrights © 2022