SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
Vol 6, No 3 (2022)

PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA

Dwi Oktaviana (IKIP PGRI Pontianak)
utin desy susiaty (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKM berbasis konstruktivisme berbantuan quizizz dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada teori graph. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Thiagarajan dengan 3 tahap yaitu tahap define, design, dan develop. Produk valid dilihat dari hasil validasi ahli, produk praktis dilihat dari hasil angket, sedangkan produk efektif dilihat dari hasil uji coba. Hasil validasi para ahli memperoleh aspek materi dinyatakan sangat valid dengan hasil sebesar 4,67 sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil sebesar 4,09. Hasil angket dosen pengampu mata kuliah memperoleh hasil sebesar 4,29 dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil angket respon mahasiswa diperoleh hasil sebesar 4,53 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba memperoleh hasil terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah teori graph dimana terdapat peningkatan nilai pretest dan posttest mahasiswa sehingga produk efektif digunakan dalam perkuliahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan E-LKM berbasis konstruktivisme berbantuan quizizz dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah teori graph.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SAP

Publisher

Subject

Education

Description

SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...