Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Tipe Pictorial Riddle dengan Strategi Heuristik Vee Terhadap Kemampuan Spasial Peserta Didik

Yeni Arista (UIN Raden Intan Lampung)
Sri Purwanti Nasution (UIN Raden Intan Lampung)
Agus Pahrudin (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan metode quasy experimental design. Sampel yang digunakan sebanyak 90 peserta didik yang diambil dengan teknik acak kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi satu jalan sel sama. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik. Berdasarkan hasil uji lanjut yang menggunakan uji scheffe, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle menggunakan strategi heuristik vee dengan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle terhadap kemampuan spasial peserta didik, terdapat pengaruh yang berbeda antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle menggunakan strategi heuristik vee dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial peserta didik, terdapat pengaruh yang berbeda antara model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...