Penelitian ini dilatar belakangi peran kompetensi guru dan lingkungan sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peran motivasi sangat besar dalam belajar, dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar mengajar, dan dengan motivasi itu pula kualitas hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesionalisme guru dan lingkungan di sekolah dengan motivasi belajar PAI peserta didik kelas XI Tahun Pelajaran 2016 – 2017 di SMA/SMK/MA se kota Probolinggo. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, yang disebarkan kepada 60 sampel. Sampel dipilih menggunakan teknik Proporsional Random Sampling teknik analisis data yang di gunakan adalah korelasi ganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini hasil statistik diketahui nilai korelasi r hitung sebesar ry3 = 0,591. Angka ini mengisyaratkan bahwa hubungan berjalan secara bersama–sama antara kompetensi profofesionalisme guru dan lingkungan sekolah adalah positif. Nilai R Square sebesar 0,350 menunjukkan bahwa variable kompetensi profesionalisme guru dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar PAI berkontribusi terhadap motivasi belajar PAI 35%, sedangkan sisanya sebesar 65% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
Copyrights © 2017