Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM KEUNGGULAN

Nahdiyah Hidayah (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Rita Sulastini (Unknown)
Sri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulim di SMK Ma’arif 1 Kebumen, untuk mengetahui proses peningkatan mutu pendidikan program keunggulan di SMK Ma’arif 1 Kebumen, apa saja yang menjadi faktor dan pendukung atau penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan program keunggulan, mengetahui peranan manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan program keunggulan di SMK Ma;arif 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan pengamatan partisipatif, observasi lapangan, wawancara dan dukumentasi yang berkaitan dengan pokok bahasan berupa buku, dokumentasi sekolah dan sumber terkait. Hasil dari penelitian ini, SMK Ma’arif 1 Kebumen merupakan sekolah menengah kejuruan yang mendapat gelar sebagai sekolah kejuruan pusat keunggulan, SMK Ma’arif  terhitung sejak 15 Juli 2008 di beri kepercayaan sebagai sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dengan SK Direktur Prmbinaan SMK Dirjend Dikdasmen No 3084/C5.3/Kep/KU/2008. Kurikulum disusun bersama dengan sejalannya penguatan aspek softskills, hardskils dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja. Pembelajaran diupayakan berbasis proyek riil dari dunia kerja (PBL) untuk memastikan hardskills, softskill dan karakter yang kuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...