Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 10, No 2 (2021): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Pengembangan media website interaktif berbasis keterampilan proses sains pada materi animalia untuk kelas x sekolah menengah atas

Aullya Retno Giyanti (Universitas Sebelas Maret)
Harlita Harlita (Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126.)
Bowo Sugiharto (Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126.)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran jarak jauh membuat beberapa aktivitas belajar siswa terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website berbasis keterampilan proses sains interaktif untuk siswa kelas X Animalia. Metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi website dari pakar, tanggapan siswa dan guru, dan hasil kegiatan ilmiah siswa. Hasil validitas website sebesar 95%, 88%, dan 89% dengan kategori sangat valid. Respon siswa dan beberapa keterampilan proses sains mereka juga bagus, berdasarkan analisis model Rasch. Selain itu, umpan balik guru baik dengan beberapa saran. Website ini dapat menjadi solusi yang baik untuk mengajarkan keterampilan pengelompokan, penerapan konsep, dan interpretasi data. Interactive website development based on science process skills on animalia for 10th grader. Distance learning makes some of student’s learning activity hampered. This research aims to develop interactive science process skills-based website for tenth grader on Animalia. Research and development method with ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) model is used in this study. The data was collected by website’s validation from the experts, students and teacher’s responses, and students’ scientific activity results. The results of website’s validity amounted to 95%, 88%, and 89% with a very valid category. Students’ responses and some of their science process skills are also great, based on Rasch model analysis. Besides, teacher’s feedback is good with some suggestion. This website can be a good solution to teach grouping, concept applying, and data interpretating skills.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...