Attoriolong
Vol 20, No 1 (2022): Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IX Pada Materi Masa Kemerdekaan (1945-1950) dengan Model Problem Based Learning di SMPN 3 Sidikalang Kab. Dairi, Sumatera Utara.

Dina Mariana Simatupang (Ilmu Pengetahuan Sosial, SMPN 3 Sidikalang Kab. Dairi, Sumatera Utara)
Syarifah Balkis (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)
Abdul Rahman (Ilmu Pengetahuan Sosial SMPN 37 Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Problem Based Learning (PBL)untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX di SMP N 3 Sidikalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian iniadalah siswa kelas IX SMP N 3 Sidikalang dengan jumlah siswa 15 orang. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan proses belajar mengajar yang meliputi kegiatan gurumengajar, aktivitas siswa, dokumen, dan hasil tes.   Kegiatan pembelajaran melalui tahapanPerencanaan, Pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil  Penelitian  menunjukan  bahwa Penerapan  model  Problem  Based  Learning  (PBL)  pada materi Masa Kemerdekaan(1945-1950) dapat  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP N 3 Sidikalang. Setelahdilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,33 mengalami peningkatan menjadi 81,33 dan ketuntasan klasikal kelas pada siklus I dari 33,33% menjadi 86,67% pada siklus II

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Attoriolong

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Attoriolong diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM. Jurnal Attoriolong memuat tulisan yang terkait dengan Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan. dipublikasikan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...