Attoriolong
Vol 20, No 1 (2022): Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model PBL Pada Materi Proses Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Kelas VIII SMPS Kanaan Duri Kabupaten Bengkalis, Riau.

Betseda Br Meliala (Ilmu Pengetahuan Sosial, Yayasan Kanaan Duri Kabupaten Bengkalis, Riau)
Muhammad Syukur (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan)
Indrayani Indrayani (Ilmu Pengetahuan Sosial, SMPN 29, Kota Makassar, Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model probem based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPS Kanaan Duri, Kabupaten Bengkalis pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Kanaan Duri, Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif naratif dan analisis data kuantitatif statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa proses pembelajaran mengalami perbaikan dan hasil belajar IPS siswa juga meningkat setelah menerapkan model problem based learning. Jadi, model problem based learning dapat diterapkan sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran, karena model pembelajaran tersebut dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Attoriolong

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Attoriolong diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM. Jurnal Attoriolong memuat tulisan yang terkait dengan Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan. dipublikasikan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...