Pembelajaran jarak jauh sejalan dengan Revolusi Industri 4.0 di sektor pendidikan. Saat ini, terdapat perubahan perilaku interaksi antara guru dan peserta didik yang semula berbasis tatap muka di kelas, berubah dengan berkolaborasi melalui pemanfaatan jaringan internet atau (Online Learning). Aplikasi Kahoot dapat mempermudah guru dalam mengevaluasi. Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis permainan yang menggunakan teknologi pendidikan di dalam sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Kahoot berupa aplikasi permainan, kuis pilihan ganda, ataupun survey pendapat dan opini publik peserta didik atau anggota institusi yang dilakukan secara online melalui web browser. Permasalahan mitra adalah guru-guru di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Mijen Demak masih membutuhkan penyegaran dalam hal pembuatan multimedia interaktif. Oleh karena itu, Tim pengabdian pada masayarakat Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang melakukan komunikasi secara intensif dengan pengelola MA Madrasah Aliyah Miftahul Huda untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Metode yang diterapkan dalam program pengabdian ini, yaitu presentasi, demonstrasi, dan praktik. Metode presentasi diterapkan dalam pengenalan software Kahoot, manfaat, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Metode demonstrasi tentang pengoperasionalan program. Metode praktik adalah guru-guru aktif dan antusias mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing dengan pemanfaatan program Kahoot. Setelah pengabdian ini guru dapat memposisikan media pembelajaran sebagai salah satu komponen penting dari suatu proses pembelajaran. Media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Guru senantiasa dituntut mampu mengembangkan dan menggunakan alat-alat pembelajaran yang tersedia di sekolah sesuai dengan perkembangan zaman.
Copyrights © 2022