Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 1 (2019)

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

MUKHLIS ILAHI (Unknown)
LUQMAN HAKIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memanajemen waktu antara berorganisasi dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menganalisis data mengenai pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 62 siswa. Dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji liniearitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan determinasi. Berdasarkan analisis data menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 27,531 + 0,188 X1 + 0,218 X2. Keaktifan organisasi memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.15 < 0.05 dengan T hitung 2,494, disiplin belajar memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.39 < 0.05 dengan T hitung 2,101. Secara bersama-sama keaktifan belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig <0.05 atau 0.028<0.05. Persentase keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS sebesar 16,8%. Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...