Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 2 (2019)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR MATERI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X AKL DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

DYAH AYU SETIYONINGRUM (Unknown)
JONI SUSILOWIBOWO (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, dan menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap penyebaran atau disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan dari para ahli senilai 88,38% dengan kategori Sangat Layak. Komponen kelayakan isi materi memperoleh hasil kelayakan senilai 88,46% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan penyajian materi memperoleh hasil kelayakan senilai 89,09% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan kegrafisan memperoleh hasil kelayakan senilai 85,46% dengan kategori Sangat Layak, dan komponen kelayakan kebahasaan memperoleh hasil kelayakan senilai 92,85% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba produk juga menunjukkan buku ajar yang dikembangkan mendapat respon positif dari peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil respon peserta didik senilai 90,41% dengan kategori Sangat Memahami. Kata Kunci: Buku Ajar, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...