Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, dan menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap penyebaran atau disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan dari para ahli senilai 88,38% dengan kategori Sangat Layak. Komponen kelayakan isi materi memperoleh hasil kelayakan senilai 88,46% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan penyajian materi memperoleh hasil kelayakan senilai 89,09% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan kegrafisan memperoleh hasil kelayakan senilai 85,46% dengan kategori Sangat Layak, dan komponen kelayakan kebahasaan memperoleh hasil kelayakan senilai 92,85% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba produk juga menunjukkan buku ajar yang dikembangkan mendapat respon positif dari peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil respon peserta didik senilai 90,41% dengan kategori Sangat Memahami. Kata Kunci: Buku Ajar, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Dasar.
Copyrights © 2019