Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 2 (2019)

PENGEMBANGAN PERMAINAN CHESS ACCOUNTING SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK

NUR ALFIYANTI (Unknown)
JONI SUSILOWIBOWO (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2019

Abstract

Pengayaan merupakan kegiatan tambahan yang diberikan guru kepada peserta didik yang telah mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam belajar yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuannya dalam materi pelajaran yang telah dicapainya. Salah catu cara yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan pengayaan ialah menggunakan bantuan media berupa permainan. Permainan akan menciptakan suasana kegiatan pengayaan yang ada menjadi menarik, aktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pengayaan berupa permainan Chess Accounting pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang teruji layak untuk digunakan dalam kegiatan pengayaan dan mendapatkan respon positif dari siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap analysis, desaign, development, implementation, evaluation. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Bangkalan. Instrumen penelitian menggunakan lembar telaah dan validasi para ahli serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pengayaan berupa permainan Chess Accounting memperoleh hasil rata-rata skor validasi ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak dan rata-rata skor validasi ahli media sebesar 87,1% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk hasil respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 94% dengan kategori siswa sangat paham. Maka disimpulkan bahwa permainan Chess Accounting sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat digunakan dalam kegiatan pengayaan karena permainan ini sangat layak dan mendapatkan respon bahwa siswa sangat paham mempelajari materi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...