Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan faktor pendukung dan penghambat pemerintah daerah dalam meningktakan pelayanan publik di dinas Dukcapil Kabupeten Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian yaitu kepala dinas Dukcapil Kabupaten Bima, kepala bidang, pegawai dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dkumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, dislay data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, trianggulasi, diskusi dengan warga. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan pada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Bima masih kurang maksimal, seperti pelayanan yang diberikan belum menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima yang seharusnya diterapkan dengan baik oleh setiap dinas yang memberikan pelayanan publik.
Copyrights © 2022