Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Menulis berperan penting dalam membantu siswa mengembangkan kesadaran fonologis, pengetahuan alfabet, dan kesadaran cetak yang sangat erat kaitannya dengan keterampilan membaca dan menulis di masa depan. Keterampilan menulis permulaan dilatih dan dikembangkan mulai dari kelas 1. Salah satu strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis permulaan adalah guided writing. Inti dari guided writing adalah menggunakan teknik scaffolding untuk membimbing siswa dalam proses menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi guided writing terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif pre-experimental the one group pretest-posttest design. Dalam pengujian hipotesis, setelah dilakukan uji paired sample t test, diperoleh nilai signifikansi 0,02 < α = 0,05. Hal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi guided writing terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Guided writing dapat dijadikan sebagai salah satu startegi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis permulaan khususnya di kelas rendah sekolah dasar.
Copyrights © 2022