Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas V dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 259 Griba Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang pecahan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 80,30 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 63. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022