Perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan tidak pernah berhenti. Guru sebagai agen pembelajaran dituntut untuk terus berinovasi. Guru diharapkan dapat menyesuaikan terhadap segala bentuk perubahan, salah satunya yang berkaitan dengan model pembelajaran di kelas. Model pembelajaran selalu berkembang menyesuaikan dengan perkembangan teori pembelajaran modern terbaru. Dinas Pendidikan dan para pemerhati pendidikan selalu memberikan pelatihan kepada guru terkait dengan perkembangan model pembelajaran terkini. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan profesionalisme guru dalam megajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cara berpikir guru dalam menghadapi perubahan model pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Lokasi penelitian pada salah satu sekolah dasar di desa Setiling Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua guru mau menerima perubahan model pembelajaran yang diberikan. Sebagian besar guru masih kesulitan untuk melakukan perubahan cara mengajar di kelas. Guru merasa cukup puas dengan kinerja yang telah dilakukan. Guru tidak mau menerima perubahan yang ditawarkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Perubahan tidak perlu dilakukan karena model pembelajaran yang diterapkan selama ini dianggap telah berhasil. Tujuan utama guru dalam mengajar masih berorientasi pada menghabiskan materi pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Copyrights © 2022