Kurangnya pemahaman menghitung siswa dan mencari keliling persegi empat dan persegi panjang dimungkinkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario pembelajaran online yang telah dilaksanakan oleh para guru 4 SD Plud Al-Aitaam pada materi bangun datar. Kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kesulitan-kesulitan dan kendala yang dihadapi siswa pada saat melaksankan pembelajaran online, Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran online, bahan ajar, LKS dan tugas-tugas yang selama ini diberikan oleh guru, upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran online dapat berjalan lebih efektif. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IV dari dua sekolah yang berbeda dan siswa kelas IV dari dua sekolah yang berbeda yang berjumlah 12 orang dari 2 sekolah dasar yaitu SD Plus Al-Aitaam dan SDN Mulyasari 1. Dari hasil penelitian 2 sekolah yang berbeda menghasilkan bahwa pembelajaran online ataupun pembelajaran tatap muka tetap harus mengacu kepada tujuan pendidikan nasional karena itu guru tetap membuat scenario yang sederhana, efektif dan efiien serta baik, sehingga memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran Hasil penelitian ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan pemahaman matematik siswa.
Copyrights © 2022