Kegiatan pembelajaran di Indonesia saat ini sedang mengalami suatu perubahan hal ini dikarenakan adanya virus covid-19. Virus ini sangat berdampak hampir ke semua sektor yang ada terutama dalam sektor dunia pendidikan. Pandemi covid-19 membawa perubahan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah melainkan di rumah secara daring (online) melalui media elektronik. Pelaksanaan pembelajaran daring perlu adanya kesiapan sekolah dengan merencanakan, mengatur, mengarahkan proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui kesiapan sekolah terkait dengan sarana prasarana, guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Sapen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik intensif, Miles dan Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa Sd Muhammadiyah Sapen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 SD Muhammadiyah Sapen sudah sangat baik hal ini terlihat ketika sekolah memberikan penunjang untuk pembelajaran daring meliputi kesiapan sarpras, kesiapan gurudan kesiapan siswa. Sarpras sdh dipersiapkan bai dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru memiliki kompetensi ketika melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari persiapan maupun pelaksanaan pembelajaran, siswa juga dapat mengikuti dalam pembelajaran daring.
Copyrights © 2022