Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 4 No. 2 (2021): Desember

Implementasi Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ushul Fikih; Efektifkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.?

Muzainah Muzainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran Ushul Fiqih seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi guru di sekolah, khususnya pada materi Amar dan Nahyi yang memuat beberapa konsep, prinsip, dan kaidah-kaidah hukum yang rumit. Tantangan ini menjadi sangat kompleks ketika proses belajar siswa tidak didukung oleh keadaan/lingkungan yang dapat mendorong mereka berpikir. Padahal seting lingkungan belajar yang tepat dengan menggunakan metode/model yang tepat pula akan menjadi pendorong dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Ushul Fiqih pokok bahasan Amar dan Nahyi, efektifkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.? Penelitian ini menggunakan penelitian PTK (Classroom Action Research), subjek yang dilibatkan sebanyak 44 siswa kelas XII Agama di MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Prosedur penelitian terdiri dari beberapa siklus Tindakan, yaitu pra siklus, Siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data-data penelitian dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Ushul Fiqih sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Agama MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Data efektifitas ini cukup bervariasi, yakni pada kegiatan pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65% (Kurang dari KKM) kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 74%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85%. Peningkatan ini juga terjadi dalam tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, yakni dari 50% pada pra siklus meningkat menjadi 59% pada siklus 1 dan pada siklus meningkat dari yang semula cukup aktif menjadi aktif sebesar 26% dan meningkat sangat aktif sebesar 2%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ushul Fiqih siswa. Data hasil keaktifan guru, hasil observasi, dan refleksi pebelajaran juga di bahas.   Kata Kunci: Model Inkuiri, Ushul Fiqih, Amar dan Nahyi, Efektif, Hasil belajar Siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...