Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa,aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian Tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VII C SMP Nasioanla Makassar tahun ajaran 2021/2022, instrument yang dikumpulkan adalah data lembar observasi, tes hasil penelitian menunjukkan (1) adanya hasil belajar siswa saat mengikuti proses belajar mengajar melalui penerapan model pembelajaran problem posing and solving (2) hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II saat mengikuti proses belajar mengajar melalui penerapan problem posing and solving (3) adanya perbedaan hasil siklus I dan siklus II hasil belajar siswa menggunakan model pmbelajaran problem posing and solving. Hasil belajar siswa yang mengikuti embeljaran melalui problem posing and solving pada siklus I di peroleh nilai rata-rata sebesar 69,33 dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberikan model pembelajaran problem posing and solving adalah 85,83 hasil uji hipotesis yang terdapat peningkatan yang signitif hasil belajar dinamika kependudukan Indonesia yaitu terdpat pada interval 75-100 yaitu 20 orang dari 30 siswa dan pada siklus II sebanyak 28 orang dari 30 siswa dinyatakan tuntas dan kategori tidak tuntas beraada pada interval 0-74 yaitu 10 orang pada siklus I dan siklus II. Peningkatan ini terjadi karena guru elah melakukan perbaikan motivasi kepada siswa sehingga pada siklus ini siswa mengalami peningktan dari siklus I ke siklius II.
Copyrights © 2021