Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia
JATI Vol 5, No 1: March 2022

Kebijakan Inklusi Kesadaran Pajak dan Strategi Komunikasi DJP: Studi Kasus Program Pajak Bertutur

Sanda Aditiya Arsandi (Accounting Depatment, Faculty of Economic and Business, Universitas Gadjah Mada)
Nyarwi Ahmad (Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Banyak riset menemukan bahwa semakin sering edukasi pajak dilakukan suatu negara, semakin tinggi tingkat kepatuhan pajak di negara tersebut. Program Pajak Bertutur adalah bagian dari Inklusi Kesadaran Pajak. Dengan mengadaptasi konsep komunikasi strategis dari Argenti, dkk (2005), artikel ini difokuskan untuk mengevaluasi program Pajak Bertutur yang dikembangkan dan dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran inklusi pajak dan kepatuhan pembayaran pajak dan sejauh mana program tersebut dapat sebagai komunikasi strategis terbaik yang dilakukan oleh DJP untuk tujuan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program tersebut merupakan bentuk tindakan strategi komunikasi yang dilakukan oleh DJP untuk meningkatkan kesadaran inklusi pajak dan menyediakan literasi kesadaran pajak bagi para guru serta murid dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Harapannya, DJP akan memperoleh kepatuhan pajak sukarela yang tinggi di masa depan. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa program tersebut dapat dikategorikan sebagai komunikasi strategis terbaik DJP untuk mencapai tujuan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia focuses on the research and research review related to accounting that are conducted using case study approach. JATI focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and ...