Abstrak-Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses menulis kembali isi berita dan (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis kembali isi berita melalui model Inkuiri pada siswa kelas VIII-B Mts Fastabiqul Khairot Medan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran secara bersiklus. Teknik pengumpulan data ini meliputi (1) tes (2) wawancara (3) kuesioner dan (4) observasi. Pada bagian validitas data ini menggunakan empat kriteria meliputi (1) validasi demokratis (2) validasi hasil (3) validasi proses dan (4) validasi dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan model inkuiri dapat meningkatkan kualitas baik proses dan hasil, pembelajaran menulis kembali isi berita pada siswa kelas VIII-B Mts Fastabiqul Khairot Medan. Peningkatan kualitas proses meningkatnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, dan sudah aktif untuk mengikuti pembelajaran. Peningkatan kualitas hasil meningkatnya keaktifan siswa serta perhatian siswa pada saat guru menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,45 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,35.
Copyrights © 2022