Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education
Vol 5, No 2 (2022)

ADAPTASI SEKOLAH DALAM PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELOMPOK BERMAIN AL-LUBAWI SALATIGA

Ibdaul Latifah (IAIN Salatiga)
Sri Murniyati (IAIN SALATIGA)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2022

Abstract

Pandemi Covid -19 statusnya mulai menurun sehingga Indonesia memasuki di fase New Normal. Fase perubahan perilaku manusia dari wabah Covid-19 yang semula segala bentuk kegiatan dibatasi sekarang berangsur kembali seperti sediakala. Dengan adanya New Normal segala aktivitaspun berubah tidak terkecuali dengan pembelajaran disatuan pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adaptasi Sekolah dalam Penerapan Strategi Blended Learning yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Al-Lubawi Salatiga pada masa new normal Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif.. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adaptasi Sekolah yang dilaksanakan mencakup seluruh elemen pendidikan, 2) Penerapan strategi blended learning dengan menggabungkan pembelajaran daring dan luring melalui Whatsaap Grup, agenda home visit, belajar mandiri di rumah serta simulasi pembelajran tatap     muka terbatas. Dalam adaptasi sekolah dan pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa kendala diantaranya:1) penyederhanaan kurikulum membuat aspek perkembangan anak tidak terstimulasi secara maksimal, 2) Peran orangtua yang kurang optimal dalam membimbing anak, 3) Agenda home visit yang kurang  merata 4) Kurangnya sinergi dan komunikasi antara pendidik dan wali murid, serta 5) Karakter anak yang berbeda-beda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alfitrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) BengkuluJurnal ini berisi tentang pendidikan anak usia dini prespektif pendidikan islam. Jurnal ini telah memiliki ISSN : 2599-2287 (Print) dan ISSN : 2622-335X ...