JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 2 (2022): April

PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI CHATBOT WABOT UNTUK LAYANAN INFORMASI PRODUK UMKM

Primasari D (Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Janaqi M. F (Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Kamilah N (Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Hermawan E (Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Penyebaran Covid-19 di Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak para pelaku usaha melakukan langkah efisiensi untuk usaha yang dijalankannya, salah satu di antaranya adalah pengurangan jumlah karyawan. Untuk membantu UMKM, maka dilakukanlah pelatihan penggunaan salah satu aplikasi Chatbot, yaitu Wabot untuk membantu bagian penjualan pada UMKM yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Pelatihan dilakukan selama dua minggu yang meliputi proses instalasi, pendaftaran, pemanfaatan fitur Auto Reply, dan pemanfaatan fitur WhatsApp Form. Pelatihan yang dilakukan mendapatkan tanggapan yang positif dari para pelaku UMKM di Desa Mandalasari, karena dengan menggunakan Chatbot dapat menggantikan peran manusia untuk melayani permintaan pelanggan selama 24 jam. Hasil pelatihan menunjukan, peserta pelatihan mampu menggunakan dan mengimplementasikan aplikasi chatbot Wabot untuk layanan informasi produk UMKM. Evaluasi akhir selama 3 pertemuan, didapatkan rata-rata peningkatan pemahaman sebanyak 70%.Abstract: The spread of Covid-19 in Indonesia has had a significant impact on sales of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Many business actors take efficiency measures for the businesses they run, one of which is reducing the number of employees. To help MSMEs, training on the use of one of the Chatbot applications, namely Wabot, was conducted to assist the sales department for MSMEs affected by the Covid-19 pandemic. The training was carried out for two weeks which included the installation process, registration, utilization of the Auto Reply feature, and utilization of the WhatsApp Form feature. The training carried out received a positive response from MSME actors in Mandalasari Village, because using Chatbots can replace the role of humans to serve customer requests for 24 hours. The results of the training showed that the training participants were able to use and implement the Wabot chatbot application for MSME product information services. The final evaluation for 3 meetings, obtained an average increase in understanding of 70%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...