EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Konflik Tokoh Utama Atlanta dalam Novel Pantomime Karya Sayyidatul Imamah dan Pemanfaatannya Untuk Bahan Ajar di SMA

Amalia Oktaviani (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Sutri Sutri (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Imam Muhtarom (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak ditemukannya konflik batin tokoh utama Atlanta yang terdapat dalam novel Pantomime karya Sayyidatul Imamah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh utama Atlanta yang terdapat dalam novel Pantomime karya Sayyidatul Imamah, serta pemanfaataanya sebagai bahan ajar bahasa indonesia berbentuk handout pada kelas XII Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini ditemukan konflik batin tokoh utama Atlanta yang terdiri dari hierarki kebutuhan atau kebutuhan dasar, penyebab konflik batin, dan bentuk konflik batin. Kebutuhan dasar terdiri dari dua yaitu kebutuhan dasar fisiologis dan kebutuhan psikis. Kebutuhan dasar fisiologis yang dialami oleh tokoh utama Atlanta yaitu kebutuhan makanan dan minuman; kebutuhan pakaian; dan kebutuhan istirahat. Kebutuhan psikis yang dialami tokoh utama Atlanta terdiri dari kebutuhan rasa aman; kebutuhan rasa cinta dan memiliki; dan kebutuhan harga diri. Faktor-faktor penyebab konflik batin tokoh utama Atlanta terdiri dari kurangnya kasih sayang; kurangnya penghargaan; dan kurangnya rasa aman. Bentuk konflik batin tokoh utama Atlanta terdiri dari kecemasan; kebimbangan; ketidakjujuran; dan kekecewaan. Kemudian hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan ajar bahasa indonesia berbentuk handout pada kelas XII tingkat Sekolah Menengah Atas semester genap

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...