EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Rutin dan Non-Rutin pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah

Rosliana Harahap (IAIN Takengon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap pelajar terkhusus mahasiswa yang akan menjadi seorang guru,sehingga mereka dapat menemukan solusi dari permasalahan yang mereka temukan, dan mereka dapat mengajarkan ilmu kepada muridnya dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan kemampuam pemecahan masalah mahasiswa pada soal rutin dan non-rutin pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020-2021 Jenis  penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara, tes berisikan soal-soal rutin dan non rutin yang terdiri dari 5 soal uraian. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dan wawancara diperoleh perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada  soal rutin dan nonrutin. Pada soal rutin mahasiswa dapat menyelesaikannya dengan baik, namun pada soal non-rutin  mahasiswa mengalami kendala dalam menyelesaikannya. Sekitar 95% dari mahasiswa dapat meyelesaikan soal rutin dan 57,5 % mahasiswa dapat menyelesaikan soal non rutin. Untuk itu mahasiswa harus lebih sering diberi soal-soal non rutin agar mereka semakin terlatih dalam menyelesaikan soal non rutin dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...