SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching
Vol 4 No 1 (2021): Science Education Journal, Forth Edition

THE IMPLEMENTATION OF STEM-BASED APPROACH TO INCREASE STUDENTS SCIENCE LEARNING ACTIVITY ON 8TH GRADE STUDENTS MTSN SOLOK

Yetti Laswita Putri (MTsN Kota Solok)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran IPA cenderung dekat dengan kehidupan nyata, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dalam memahami konsep – konsep materi yang ada, maka dari itu pembelajaran IPA akan lebih menarik lagi jika disandingkan bersamaan dengan perkembangan teknologi. Apalagi pada saat ini peserta didik lebih cepat akrab dengan teknologi, sehingga kita sering mengistilahkan generasi milenial, dimana dalam kehidupannya tanpa hari tanpa hp.Maka dari itu pembelajaran memang harus disiapkan sesuai dengan perkembangan zaman peserta didik dalam menyongsong abad 21, sehingga pembelajaran IPA diharapkan dapat mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis dan strategis sehingga mampu melatih peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, komunikatif dan bertanggung jawab. Oleh karena itu pembelajaran berbasis STEM ( Sains Teknology Enjinering Mathematic ) sangat tepat jika digunakan dalam proses pembelajaran karena memiliki karakteristik pembelajaran abad 21 yaitu Science, Teknology, enginering and Mathematic, sehingga akan memberi dampak terhadap berbagai bidang kehidupan. dimana proses pendidikan dituntut untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas agar dapat memproses informasi tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kenyataan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semesta

Publisher

Subject

Education Other

Description

SEMESTA Journal of Science Education and Teaching is a journal that is managed by Department of Natural Science Education, Universitas Negeri Padang. First published in 2019 and regularly published twice a year. The script that is loaded is the original manuscript, not yet published in other ...