Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022): JANUARI 2022

Perancangan dan Implementasi Strategi Pemasaran sebagai Upaya dalam Memperluas Pangsa Pasar dan Meningkatkan Volume Penjualan Produk Olahan Ikan Dapur L’Rose

Ikhlasul Amallynda (Universitas Muhammadiyah Malang)
Shanty Kusuma Dewi (Universita Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Dapur L'Rose adalah industri kecil yang memproduksi berbagai produk olahan ikan, seperti otak-otak bandeng, bandeng presto, kerupuk ikan, dan lain-lain yang berlokasi di Kalirejo, Lawang, Malang. Meski produk L'Rose Kitchen sudah dikenal banyak orang, namun pemilik usaha mengalami penurunan volume penjualan dan omzet hingga 60% di masa pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan jangkauan pemasaran produk masih sangat terbatas dan hanya mengandalkan media penjualan offline. keterbatasan pengetahuan pemilik usaha tentang penggunaan media sosial. Keterbatasan jangkauan pemasaran produk terutama terlihat di masa pandemi, ketika mobilitas masyarakat sangat dibatasi oleh kebijakan pemerintah tentang PPKM. Program PKM dilakukan dalam bentuk pendampingan intensif, mulai dari tahap perancangan strategi pemasaran hingga implementasi dan pemantauan. hasil implementasi iptek dan strategi yang diusulkan. Berikut adalah tiga prioritas strategi pemasaran yang diusulkan: mendesain ulang kemasan, membuat toko online di platform marketplace, dan menggunakan iptek alat pengemasan berupa mesin vacuum sealer otomatis. Dari hasil pendampingan, mitra layanan mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam memilih teknik dan media promosi offline dan online, merancang kemasan produk yang aman, menarik, dan sesuai standar, serta mampu menggunakan platform marketplace sebagai media untuk promosi dan penjualan produk. Selain itu, dari hasil pantauan dan wawancara dengan pemilik usaha, terjadi peningkatan omzet penjualan sebesar 20-25% selama tiga bulan terakhir karena dengan menggunakan media marketplace jangkauan pemasaran menjadi lebih luas. Selain itu, dengan menggunakan desain kemasan baru, produk bisa memiliki umur simpan yang lebih lama.

Copyrights © 2022